Sabtu, 07 Maret 2009

Apakah Dilarang Menikah di Bulan Muharam dan Safar?

Berawal dari Obrolan dengan pacar tentang menikah (padahal masih lamaaa banget nikahnya, bisa bisa masih 8 tahunan lagi kali') cerita beralih ke statement dari pacar saya yang mengatakan menikah dibulan safar tidak baik, saya sangat tidak setuju dengan statement dia, dan dia mengatakan bahwa semua orang juga tau, dan itu sudah lumrah.

karen merasa ganjil, saya mencari (browsing) di internet, dan ini dia penjelasan tentang mitos menikah dibulan safar = tidak baik :


Allah memerintahkan umat-Nya untuk bertanya kepada mereka yang ahli agama/Ulama jika mendapatkan suatu masalah atau pertanyaan yang berkaitan dengan agama.
Semua bulan dalam penanggalan itu diciptakan oleh Allah SWT dan yang berarti semua bulan itu milik Allah. Seorang Muslim tidak boleh berprasangka buruk tentang suatu bulan, hari ataupun waktu lainnya. Tidak ada satupun sumber dalam Syariah yang menyebutkan bahwa tidak baik hukumnya menikah di bulan Muharam, Safar ataupun bulan-bulan lainnya.


Ulama Muslim yang cukup terkenal, Sheikh Muhammad Iqbal Nadvi, Imam dan Direktur dari Islamic Center Al-Falah, Oakville, Ontario, Canada , menyatakan:

Hal ini adalah mitos. Nabi Muhammad SAW meminta kita untuk tidak mengutuk/mencela waktu, karena waktu diciptakan oleh Allah SWT dan jika kita mengutuk/mencela waktu maka dengan begitu kita telah mengutuk/mencela Dia pula.
Rumor bahwa petaka buruk atau nasib sial terjadi di Bulan Muharam dan Safar tidak kami temukan. Ketika Aisyah RA ditanya tentang apakah benar kalau menikah di bulan Safar akan membawa sial, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW menikahi dia di bulan Safar dan dia menjadi seorang wanita yang beruntung karena dinikahi oleh Rasulullah SAW.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bukankah Rasulullah SAW menikahi Aisyah pada bulan Syawal?
Saya juga tidak percaya dengan mitos adanya hari buruk. Islam pun mengatakan bahwa tidak ada hari buruk. Awalnya saya takut dan ragu, tapi saya percaya akan takdir Allah. Dan insya Allah saya pun akan menikah pada bulan Safar ^_^

eLa mengatakan...

saya jg g pcya tntng blan safar tch. .bulan sial. .cz semua y dh da yg ngatUr. .g mgkn 4jJ menurun kan yg nM y bulan siaL. .toh Q sndri jg nikah d bulan safar. .krn menurt itUngan jawa menikah d bulan safar gPp. .y kLo d daerah sunda ch mank g bleh. .

Unknown mengatakan...

Yg bener khadijah